Banyak aplikasi Android Kitab Suci Al-Quran tersedia di Google Play. Baik yang berbayar maupun yang gratis. Salah satu yang memiliki fitur cukup lengkap adalah aplikasi android iQuran yang dibuat oleh GuidedWays Technologies Ltd. Dengan aplikasi iQuran terpasang pada smartphone, kita bisa membaca Al-Quran dimana saja kita berada. Ditambah lagi dengan tampilan antarmuka cantik dan mudah untuk melakukan navigasi. Silahkan anda download aplikasi Android gratis iQuran Lite di Google Play Store.

Video: Aplikasi Android iQuran.

Jangan lupa Klik Subscribe channel Youtube TheElangEmas untuk mendapatkan update video aplikasi Android lainnya.

Tersedia dalam dua versi iQuran yaitu versi Lite dan versi berbayar. Versi Lite memiliki fitur terbatas. Sedang versi berbayar yaitu iQuran Pro memiliki fitur penuh. Fitur yang tersedia diantaranya seperti terjemahan dalam berbagai bahasa dan audio murottal Al-Quran berbagai Imam. Bahasa terjemahan yang terdapat dalam iQuran Pro adalah: English (Mohsin Khan), English (Yusuf ali), English (Shakir), English (Pickthal), English (Mohs Asad), Transliterasi (bacaan ayat Al-Quran dalam huruf latin), Urdu, Persia, Indonesia, Melayu, Jerman, Prancis, Spanyol, Turki, Russia, Bosnia, Belanda, Italia, Albania, Romania dan Jepang. Sementara audio Qari yang tersedia dalam versi Pro adalah: Sheikh Husary, Mishary Rashed Al-Afasy, Saood & Shuraim, Abu Bakr Ash-Shatree, Abdul Basit, Ghamdi, Mahir Al-Muayqali, dan terahir Minshawi. Audio Qari harus diunduh secara terpisah melalui aplikasi, bisa ayat per ayat maupun sekaligus satu surat.

Bagi yang masih ingin belajar cara membaca dengan baik dan benar akan dengan mudah dibantu oleh aplikasi iQuran. Jika anda ingin membaca satu surah tertentu, tap pada judul surah tersebut. Pada bagian bawah layar terdapat tanda-tanda aturan tajwid dengan warna tersendiri. Sehingga kita mudah mengingatnya. Qalqalah diberi warna hijau, Iqlab warna biru, Idgham warna ungu, Ikhfa warna merah dan Ghunnah dengan warna oranye. Tap pada salah satu aturan tajwid tersebut maka anda akan dibawa pada layar keterangan untuk mengetahui cara membacanya yang dilengkapi audio contoh ayat. Untuk memilih terjemahan anda bisa sentuh pada pilihan yang terletak di pojok kiri atas layar.

Fitur-fitur lain yang berguna diantaranya fitur pencarian teks, zoom-in untuk memperbesar, full landscape dan fitur bookmark dengan menambahkan catatan kita sendiri pada ayat tertentu.

Cara Memainkan Audio dalam iQuran

Disamping bisa untuk membaca ayat-ayat Al-Quran, aplikasi ini bisa juga digunakan untuk mendengarkan lantunan ayat-ayat Al Quran dari Qari-Qari terbaik. Sedangkan di pojok kanan atas terdapat pilihan Qari. Untuk memutar audio, tap icon speaker kecil di pojok kanan atas. Sebagai contoh: tampilan Surah Al-Imran dengan pilihan bahasa terjemahan Indonesia pojok kiri atas, pilihan Qari Abu Bakar Ash-Shatree di sebelah kanan atas, icon speaker kecil untuk mendengarkan audio pada pojok kanan atas dan aturan tajwid di bagian bawah.

Jika anda ingin menghapal ayat Quran tertentu, anda bisa memutar audio ayat tersebut secara berulang. Caranya, tap pada icon speaker di sebelah kiri surah. Atau jika sudah masuk pada surah tertentu, tap pada icon speaker di pojok kanan atas. Berikutnya tap pada kotak lonjong di pojok kiri atas (secara default tertulis “Sotp at end of surah”). Akan muncul kotak dialog “Play Options”. Pada Surah Options pilih “Repeat current surah / group”. Pada Group verses pilih “Play aya by aya”.

Demikian informasi singkat mengenai aplikasi android iQuran. Jika tidak ingin membeli versi berbayar, anda bisa mencoba versi Lite.

Jika Anda menyukai ulasan aplikasi android iQuran, Anda bisa membagikannya ke Twitter, Facebook, Google+, Pinterest atau ke situs lainnya (tentunya menyertakan link balik ke ElangEmas.com).

  1. Nur says:

    bagus deh kalo ada tajwidnya juga…. dan bisa bersuara.. tapi pastikan dulu nih surat2nya benar dan persis dengan alquran asli atau tidak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *